Kampar Terima 6.825 Ha SK Perhutanan Sosial dari Presiden Jokowi -->

News

Kampar Terima 6.825 Ha SK Perhutanan Sosial dari Presiden Jokowi

Jumat, 21 Februari 2020, 10:51 PM

Siak (PantauNews.co.id) - Kabupaten Kampar menerima 6.825 hektare lahan perhutanan sosial yang akan dibagikan kepada 1.536 kepala keluarga di lingkungan hutan adat yang ada di beberapa titik di Kabupaten Kampar.

Demikian dikatakan Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto usai mengikuti penyerahan SK perhutanan sosial yang diserahkan Presiden RI Joko Widodo kepada perwakilan masyarakat di Taman Rekreasi Tahura, Kabupaten Siak, Jumat (21/02/2020) yang juga dihadiri oleh Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya.

Catur menyebutkan, perhutanan sosial ini bertujuan untuk pemerataan ekonomi masyarakat dengan cara mengolah hutan tersebut menjadi lahan yang produktif hingga berdampak positif bagi peningkatan ekonomi masyarakat.

"Olahlah hutan yang diberikan tersebut dengan menanam tanaman yang bermanfaat dan menghasilkan, seperti, aren, tanaman buah dan lainnya yang dapat menambah nilai ekonomis," cakap Catur.

Sementara itu, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, dalam arahannya menjelaskan, di Indonesia terdapat 12,7 juta hutan adat dan 4 juta hektare sudah diserahkan sk pengolahannya kepada masyarakat.

Sedangkan untuk di Provinsi Riau sendiri baru saja diserahkan sk lahan perhutanan sosial seluas 73.670 hektare untuk 20.890 KK yang diberikan kepada 12 kabupaten kota yang ada di Provinsi Riau.

"Semoga lahan yang sudah diserahkan SK-nya ini bisa segera diolah, jangan dijadikan lahan tidur, karena ke depan akan kita evaluasi. Kalau lahan tersebut tidak diolah dengan baik, maka SK-nya akan kita cabut kembali dan diberikan kepada warga lain yang juga membutuhkan, semoga program ini benar-benar bisa membantu perekonomian masyarakat khusnya yang berada di Provinsi Riau ini," harap Jokowi.

Sumber: Cakaplah.com



TerPopuler