Jokowi: Ruas Tol Pekanbaru-Dumai Seksi 1 Selesai Sebelum Lebaran -->

News

Jokowi: Ruas Tol Pekanbaru-Dumai Seksi 1 Selesai Sebelum Lebaran

Jumat, 21 Februari 2020, 11:09 PM

Jakarta (PantauNews.co.id) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau perkembangan pembangunan jalan tol ruas Pekanbaru-Dumai. Dalam kunjungan kerja ke Provinsi Riau tersebut, dilaporkan progres pembangunan ruas tol sepanjang 131,48 km tersebut telah mencapai lebih 90%. Untuk itu, Jokowi menargetkan ruas tol ini selesai sebelum Lebaran tahun ini.

"Ruas tol ini panjang dari Pekanbaru sampai Dumai itu 131 km. Kita harapkan nanti Insya Allah akhir April selesai, bisa dipakai, sehingga saat Lebaran semuanya sudah bisa lewat di sini," katanya melalui siaran pers, Jumat (21/02/2020).

Ruas tol tersebut terdiri atas dua seksi. Seksi 1 menghubungkan Pekanbaru dan Minas. Sementara seksi 2 menghubungkan Minas dan Dumai. Selain itu, tol ini juga merupakan bagian dari jalan tol Trans Sumatra yang sangat dinantikan oleh masyarakat di Sumatra.

Jalan tol yang nantinya akan menghubungkan Lampung hingga Aceh ini akan melalui sejumlah ruas sepanjang kurang lebih 2.974 km dengan rincian 2.046 km sebagai koridor utama dan 928 km sebagai koridor pendukung.

"Kita harapkan dengan kesiapan infrastruktur, semua menjadi lebih cepat. Pengiriman logistik, mobilitas orang, mobilitas barang menjadi lebih cepat. Semuanya arahnya ke sana sehingga daya saing kita juga akan semakin baik," tandasnya.

Untuk diketahui, ruas jalan tol seksi 1 yang menghubungkan Pekanbaru dan Minas sebelumnya telah dioperasikan secara terbatas saat arus mudik Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Setidaknya sebanyak 40.518 kendaraan telah melintas di seksi tersebut mulai 23 Desember 2019 hingga 2 Januari 2020.

Sumber: Sindonews.com



TerPopuler