Jokowi Janji Buka 3 Juta Lapangan Kerja di Ibu Kota Negara Baru -->

News

Jokowi Janji Buka 3 Juta Lapangan Kerja di Ibu Kota Negara Baru

Minggu, 01 Maret 2020, 7:58 PM

Jakarta (PantauNews.co.id) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menugaskan para menterinya untuk merampungkan masterplan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur. Masterplan itu termasuk bagaimana mempersiapkan IKN agar memiliki daya tarik bagi penduduk.
Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengaku mendapatkan tugas dari Jokowi, salah satunya menghitung berapa jumlah penduduk yang akan tinggal di IKN baru nantinya.

"Ini tergantung pada daya tarik IKN itu akan datang. Jadi pusat-pusat daya tarik baru yang diperlukan di IKN ini perlu dikembangkan. Termasuk cluster-cluster pendidikan, kesehatan dan entertain," terangnya di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (26/02/2020).

Suharso mencontohkan, magnet yang dimaksud seperti menempatkan universitas terbaik, rumah sakit ternama hingga kawasan hiburan. Tujuannya untuk menarik masyarakat tinggal di IKN.

Baca juga: Investasi di Ibu Kota Baru Tak Perlu Lewat BKPM
Nah selain magnet-magnet tersebut, pemerintah menyadari bahwa yang paling penting adalah tersedianya lapangan pekerjaan. Pemerintah pun menjanjikan akan ada sekitar 3 juta lapangan kerja baru di IKN nantinya.

"Yang paling penting sebenarnya, tinggal di sana itu juga ada jaminan pekerjaan. Kita akan menciptakan berbagai lapangan pekerjaan baru sampai kira-kira sekitar 3 jutaan lapangan pekerjaan baru. Orientasinya tentu lapangan pekerjaan di sektor sektor yang ramah lingkungan, sektor-sektor green, sektor-sektor yang sesuai dengan jalannya SDG's," terangnya.

Intinya, lanjut Suharso, pemerintah akan membuat IKN baru sebagai tempat tinggal yang nyaman dengan biaya hidup yang murah dan kesejahteraan yang memadai.

"Pak Presiden memberikan pengarahan kepada kami untuk mendetilkan, merinci semua persiapan perencanaan yang secara makro, secara master plan," tutupnya.

Sumber: Detik.com



TerPopuler