Tiap Jumat Gepeng Berkumpul, Warga Diingatkan Jalan Bagikan Makanan di Jalan -->




Tiap Jumat Gepeng Berkumpul, Warga Diingatkan Jalan Bagikan Makanan di Jalan

Minggu, 15 November 2020, 4:09 AM



ONLINERIAU.COM - Satpol PP Kota Pekanbaru dan Dinas Sosial (Dinsos) menertibkan puluhan gelandangan dan pengemis, Jumat kemarin. Ada dugaan tiap hari Jumat mereka berkumpul lantaran ada kegiatan berbagi makanan di jalan.


Pelaksana tugas (Plt) Kepala Satpol PP Pekanbaru Burhan Gurning melalui Kepala Bidang Operasional dan Ketertiban Masyarakat Yendri Doni menyebutkan, bagi-bagi nasi kotak di jalanan bisa memicu menjamurnya gepeng.


"Karena setiap hari Jumat, gepeng ini selalu menjamur. Mungkin karena ada sesuatu hal yang mereka tunggu seperti kan ada juga saudara-saudara kita yang bagi-bagi rezeki, nasi kotak, maka mereka berkumpul," kata Doni, Sabtu (14/11/2020).


Kata dia, jika ada yang ingin berbagi rezeki agar menyalurkannya secara langsung ke tempat-tempat resmi seperti panti asuhan dan lainnya.


"Jangan malah dibagi-bagi di jalanan, karena itu bisa memancing mereka (gepeng) semakin menjamur," tegasnya.


Kemudian kepada pengendara atau pengguna jalan, juga diimbau tidak memberikan santunan kepada gepeng yang kerap mangkal di perempatan lampu merah.


"Kalau mereka diberikan uang, maka mereka akan terbiasa meminta-minta di jalanan. Karena itu, jika mau bagi-bagi nasi kotak dan santunan, salurkan lah secara langsung ke tempat-tempat resmi," pesannya.


Sumber: Cakaplah.com

TerPopuler