Pelindo Dumai Salurkan Pinjaman Lunak Dana Kemitraan Bina Lingkungan kepada 16 Mitra Binaan -->

News

Pelindo Dumai Salurkan Pinjaman Lunak Dana Kemitraan Bina Lingkungan kepada 16 Mitra Binaan

Minggu, 22 November 2020, 10:48 PM


ONLINERIAU.COM – PT Pelindo I Cabang Dumai sebuah perusahaan yang berada di tengah-tengah masyarakat merasa memiliki tanggung jawab untuk ikut serta dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat khususnya di sekitar wilayah kerja perusahaan.


Sebagai salah satu perusahaan BUMN, Pelindo I Cabang Dumai memiliki tanggung jawab besar dalam melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan melalui PKBL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungan).


Hal ini juga sejelasan dengan Permen-05/MBU/2007 tentang Program Kemitraan Badan Usaha Milik Negara dengan Usaha Kecil dan Program Bina Lingkungan.


Berpegang pada instruksi pemerintah melalui Kementerian BUMN untuk melaksanakan Program Kemitraan, Pelindo I Cabang Dumai turut andil dalam mengembangkan perekonomian masyarakat.


Dimana PT Pelabuhan Indonesia 1 (Persero) Cabang Dumai menyalurkan pinjaman lunak dana kemitraan bina lingkungan (KBL) sebesar Rp 792 juta kepada 16 mitra binaan.


Dana kemitraan bina lingkungan ini merupakan tahap II dan III tahun 2020 dan langsung diserahkan secara simbolis oleh General Manager PT Pelindo 1 Cabang Dumai, Jonedi Ramli setelah melalui proses seleksi super ketat.


“Saya berharap agar pinjaman lunak yang diberikan ini dapat membantu usaha mitra binaan. Pinjaman lunak ini sebagai bukti kepedulian Pelindo kepada masyarakat agar sama-sama tumbuh dan berkembang,” katanya, Jumat (20/11/2020).


Dijelaskannya, bahwa suntikan modal pinjaman lunak tersebut diberikan kepada pelaku usaha yang menekuni berbagai bidang, baik industri, perdagangan, pertanian, pertanian, peternakan, perkebunan, jasa, dan lainnya.


Dalam program kemitraan Pelindo memberikan bunga cukup ringan. Oleh karena itu, kepada mitra binaan penerima pinjaman lunak diharapkan dapat membayar angsuran dengan tertib sehingga manfaat program ini dapat dirasakan oleh mitra binaan lainnya.


“Harapan kita perkembangan usaha mitra binaan menjadi lebih baik dan cicilannya lancar supaya dapat dirasakan bersama, berjalan terus dan juga dirasakan oleh yang lainnya,” harapnya.


Diharapkannya modal usaha yang diberikan dapat bernilai tambah bagi mitra binaan dan dalam pengembaliannya tidak macet, sehingga dapat disalurkan kepada pelaku usaha lain yang juga membutuhkan modal usaha.


Elvi Sukaisih, salah seorang pedagang tas dan saptu yang menerima pinjaman lunak dan mitra binaan lanjutan berharap agar ke depan Pelindo 1 Cabang Dumai dapat memberi bantuan yang lebih besar lagi.


Kemudian kepada rekannya sesama mitra binaan, Elvi meminta supaya bisa menjaga nama baik dengan cara mengembalikan pinjaman tepat waktu sehingga program ini dapat dirasakan oleh mitra binaan lainnya.


“Pertama kami mengucapkan terimakasih kepada Pelindo Dumai yang sudah peduli dan mendukung usaha kami. Mudah-mudahan pinjaman dana lunak ini bisa meningkatkan usaha mitra binaan menjadi tumbuh kembang,” ucapnya.


Sebagai data pendukung, pinjaman lunak yang diberikan paling rendah Rp 30 juta hingga Rp 75 juta. Bagi masyarakat yang berminat untuk memperoleh dana program kemitraan dan menjadi mitra binaan Pelindo I Cabang Dumai dapat mengajukan proposal permohonan sebagai berikut:


Diantaranya data pribadi sesuai KTP, Data Usaha (bentuk usaha, alamat usaha, mulai mendirikan usaha, jumlah tenaga kerja dan sebagainya. Data Keuangan meliputi Laporan Keuangan/Catatan Keuangan 3 bulan terakhir.


Kemudian rencana penggunaan dana pinjaman, melampirkan fotokopi KTP suami/istri atau identitas lainnya seperti fotokopi Kartu Keluarga, pas foto ukuran 3×4, Ijin Usaha/Surat Keterangan Usaha dari pihak yang berwenang.


Selanjutnya gambar atau denah lokasi usaha, fotokopi rekening Bank atau Buku Tabungan, Laporan Keuangan Sederhana, surat pernyataan tidak sedang mendapatkan pinjaman Kemitraan dari BUMN lain. (rls)


Editor: Pepen Prengky




TerPopuler