Ratusan Fotografer Antusias Jepret Indah Kusuma di Virtual Photoshoot -->

News

Ratusan Fotografer Antusias Jepret Indah Kusuma di Virtual Photoshoot

Minggu, 08 November 2020, 4:25 AM



PEKANBARU - Ratusan peserta dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti Workshop virtual photoshoot dan kompetisi foto bertajuk “Keep Your Shutter ON During Pandemic”, yang ditaja oleh Pewarta Foto Indonesia (PFI) Pekanbaru dan Asia Pacific Rayon (APR), Sabtu (7/11/2020).


Antusias peserta sangat tinggi, dan mereka telah mempersiapkan kamera serta berbagai properti untuk sesi pemotretan. Para peserta saat sesi pemotretan lewat laptop terlihat menggunakan macam-macam benda, mulai dari karet galeng, kristal kaca, gelas, krayon, bahkan ada juga padi, sebagai foreground saat memotret penyanyi Indah Kusuma yang menjadi model.


Dalam sambutannya Ketua PFI Pekanbaru, Rian FB Anggoro, menjelaskan kegiatan ini termasuk "out of the box" karena PFI selama ini berkutat dengan kerja foto jurnalistik.


"Pandemi COVID-19 membuat kita lebih banyak di rumah seperti di dalam kotak, tapi kreativitas tak bisa dibatasi sekat. Karena kecintaan kita terhadap fotografi, maka kita mencoba sesuatu yang baru dan virtual photoshoot merupakan bentuk kreativitas baru di masa pandemi," katanya.


Sejak dibuka pendaftaran tanggal 26 Oktober lalu, jumlah peserta mencapai 276 orang dari seluruh Indonesia. "Semoga acara ini bisa menginspirasi bagi masyarakat khususnya fotografer untuk mengembangkan kreativitas," katanya.


Hal serupa juga diungkap Corporate Communication Head APR, Djarot Handoko, bahwa kegiatan tersebut pada pandemi merupakan solusi terbaik di tanpa perlu bertatap muka secara langsung dan berkerumun. Dengan virtual photoshoot, kita tetap bisa berkarya dan membangun semangat untuk berkreasi dan beradaptasi dalam tatanan hidup baru saat pandemi COVID-19.


"Kalo boleh dilihat, antara jurnalistik kemudian fotografi dan fashion itu terkait antara satu dengan yang lain. Oleh karena itu, Asia Pacific Rayon sangat menyambut positif acara yang ditaja kawan-kawan PFI Pekanbaru.


Ia berharap para peserta tetap mengikuti IG @pacifrayon dan juga @jakartafashionhub karena disitu banyak sekali info-info terkini mengenai "sustainable fashion".


"Dan silakan mampir ke Jakarta Fashion Hub karena disitu mempertemukan para desainer dan industri, juga untuk para fotografer boleh mampir karena kami juga mempunyai studio foto," katanya.


Kegiatan diawali dengan sharing knowledge tentang virtual photoshoot oleh fotografer profesional Michael Cools. Kemudian, dilanjutkan dengan sesi pemotretan dengan Indah Kusuma sebagai modelnya.


Michael Cools memberikan tips bahwa virtual photoshoot membutuhkan kreativitas dari fotografer. Meski begitu, ia menyarankan proses edit foto hanya sebatas warna dan komposisi serta layout, supaya tetap terlihat natural.


"Virtual photoshoot juga hemat dari segi bujet dan kita bisa menggunakan properti yang ada disekitar rumah kita," katanya.


Adapun workshop dan lomba foto ini gratis untuk seluruh warga negara Indonesia. Peserta workshop otomatis mengikuti lomba foto. Panitia menyiapkan hadiah uang tunai untuk pemenang, dengan rincian Juara 1 Rp 3,5 juta, Juara 2 Rp2,5 juta dan Juara 3 Rp1,5 juta. Sebanyak empat nominator nantinya juga akan mendapatkan hadiah menarik.

Sumber: Cakaplah.com




TerPopuler