Segera Deklarasi dan Siap Gantikan Posisi Anaknya, Mbah Parto Optimis Menangkan Pilkada Dumai 2020 Bersama Syarifah -->

News

Segera Deklarasi dan Siap Gantikan Posisi Anaknya, Mbah Parto Optimis Menangkan Pilkada Dumai 2020 Bersama Syarifah

Minggu, 29 November 2020, 8:42 PM



ONLINERIAU.COM -  Semenjak kepergian Calon Walikota Dumai menghadap sang khalid pada Rabu (25/11/2020) lalu, pasangan Almarhum Eko Suharjo, Syarifah optimis untuk melanjutkan bertarung di Pilkada Dumai 2020.


Terkait status Eko Suharjo yang sebagai Calon Walikota Dumai, sepetri diungkapkan Komisioner KPU Riau Nugroho Notosusanto bahwa proses pemilihan tetap berjalan sesuai rencana, foto serta nama Almarhum tetap akan dibacakan.


Berdasarkan UU pemilihan 10 tahun 2015 pasal 54 ayat 7 dan 8, dan PKPU 1 Tahun 2020 pasal 79 ayat 2 huruf b tentang pencalonan pemilihan 2020, maka bagi calon yang meninggal dunia dalam waktu kurang dari 30 hari sebelum pemungutan suara maka tidak dilakukan penggantian calon. 


"Surat suara tetap menyebut nama calon yang bersangkutan dan calon Wakil Walikota nya. Perolehan suara pada hari pemungutan suara akan tetap dihitung dan berlaku. Surat suara sudah dicetak dan dilipat oleh KPU Kota Dumai," kata Nugroho Notosusanto.


Pasangan Calon Walikota dan Walikota Dumai nomor urut 2 yang saat ini ditinggal sendirian, tampaknya Syarifah optimis untuk terus berjuang untuk memenangkan kontestasi politik yang digelar sekali 5 tahun ini.


Berdasarkan regulasi kepemiluan, partai koalisi tidak bisa mengganti posisi Eko sebagai Calon Walikota. Namun, terendus beberapa nama-nama yang akan mendampingi Syarifah, jika terpilih sebagai pemenang di Pemilukada Dumai 2020.


Informasi yang terangkum, apabila terpilih dan keluar sebagai pemenang di Pilkada Dumai 2020, sepakat untuk mengusung H. Suparto alias Mbah Parto Wiguno untuk mengantikan kekosongan pasangan calon nomor urut 2. 


Jika terpilih di Pilkada Dumai 2020, Syarifah otomatis akan menjadi Walikota dan akan disegerakan untuk mencarikan calon wakilnya. Nama Mbah Parto dinilai cukup untuk menggantikan dan untuk meraup simpati masyarakat. Mbah Parto yang merupakan ayah kandung Almarhum Eko Suharjo dan bahwa kesuksesan almarhum di dunia politik praktis tidak lepas dari campur tangannya.  


Diungkapkan Hariawan, Ketua Bappilu Partai Hanura koalisi partai politik paslon nomor urut 2 di Pilkada Dumai, menyampaikan ada beberapa nama yang telah diusung untuk mendampingi Syarifah, Minggu (29/11/2020).


“Intinya kami telah sepakat untuk mengusung Mbah Parto sebagai pengganti dan semoga dengan munculnya nama besar beliau di Pilkada Dumai 2020 tidak mengurangi simpati masyarakat dab bahkan ini merupakan spirit baru dalam mendulang suara,” kata Hariawan yang akrab disapa Iwan Pujakesuma.


Hariawan juga menjabat sebagai Bendahara DPD Pujakesuma, optimis akan mendampingi Syarifah untuk bisa memenangkan Pilkada Dumai, meskipun saat ini Calon Wakil Walikota Dumai nomor urut 2 harus berjuang tanpa Eko Suharjo.


Terkait munculnya nama Mbah Parto di Pilkada Dumai 2020, Hariawan juga tidak ingin memberikan tanggapan sebelum ada keputusan resmi bersama partai politik pengusung. 


“Intinya dalam waktu dekat ada deklarasi dan kami masih menunggu keputusan resmi dari partai koalisi, “ pungkasnya. 


Penulis: Edriwan





TerPopuler