Jalan Berlubang dan Mengangga, Warga Bukit Kapur Was Was Lintasi di Malam Hari -->

News

Jalan Berlubang dan Mengangga, Warga Bukit Kapur Was Was Lintasi di Malam Hari

Senin, 09 Oktober 2023, 8:29 PM



ONLINERIAU.COM - Kondisi Jalan Garuda di Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Bukit Kapur, Kota Dumai cukup mengenaskan. Pasalnya, jalan yang menjadi akses utama dan sekaligus menghubungkan dua kelurahan yakni Kampung Baru dan Gurun Panjang ini mengalami longsoran pada badan jalan.


Terlihat, lubang besar mengangga yang melintang kurang lebih satu meter, sehingga banyak warga atau pengendara was - was melintasi jalan tersebut. Apalagi jika malam hari, Jalan Garuda yang tidak memiliki lampu penerangan ini, cukup berakibat fatal bagi pengendara saat dilintasi.


Salah satu tokoh masyarakat Kampung Baru Jetendra Silalahi meminta kepada pihak pemerintah daerah agar segera melakukan penutupan dan perbaikan jalan tersebut. 


"Kita berharap agar jalan ini segera dilakukan perbaikan dan jangan sampai ada bejatuhan korban jiwa," kata Jetendra Silalahi kepada awak media, Senin (9/10/2023).


Jalan Garuda yang kerap dilintasi mobil angkutan bermuataan besar ini, sebut Jetendra menjadi salah satu penyebab kerusakan pada badan jalan.


"Kalau tak salah, Jalan Garuda ini baru pertama dilakukan pembangunan beberapa tahun Yan lalu, makanya perlu dilakukan perbaikan. Kita minta ada perhatian segera dari pemerintah daerah dalam waktu dekat," ujarnya seraya berharap.


Ditempat terpisah, tokoh masyarakat dan juga sekaligus eks Ketua LPMK Gurun Panjang Sudiran ST, menyampaikan bahwa perlu dilakukan perbaikan segera Jalan Garuda agar nantinya tidak adanya korban jiwa.


Disebutkan Sudiran, rusaknya jalan tersebut akibat salah satunya karena tidak memiliki box culvert. Saat hujan turun, resapan air mengalir ke lapisan tanah sehingga mengakibatkan amblasnya badan jalan.


"Sebelum jalan ini dibangun dan dilakukan pengaspalan, sebelumnya ada potongan kayu. Seharusnya, saat dilakukan pembangunan, potongan kayu tersebut sebagai alas jalan tidak langsung ditimpa tanah dan dilakukan pengaspalan," terang Sudiran yang merupakan warga lama di Kelurahan Gurun Panjang ini menerangkan.


Terakhir, Sudiran sangat mengharapkan ada perbaikan segera karena Jalan Garuda merupakan akses satu satunya menuju ke Kelurahan Gurun Panjang. 


"Mudah mudahan dalam waktu dekat ini, saya langsung menginfokan kepada Walikota Dumai agar keluhan masyarakat ini segera direalisasikan," pungkas Eks Ketua LPMK Gurun Panjang yang mengundurkan diri dan mengikuti kontestasi Pileg 2024 mendatang ini menuturkan. (*)


Penulis: Aan Heru S






TerPopuler