Keterbukaan Informasi Penerima Bantuan Terkait Pandemi COVID-19 di Negeri ini Harus Diperlihatkan dengan Nyata -->




Keterbukaan Informasi Penerima Bantuan Terkait Pandemi COVID-19 di Negeri ini Harus Diperlihatkan dengan Nyata

Rabu, 03 Juni 2020, 8:55 PM

Dumai,PantauNews.co.id - Sejak diumumkan pada awal Maret 2020, bantuan sosial (bansos) bagi warga terdampak pandemi virus corona (Covid-19) menuai beragam masalah. Kesemrawutan data penerima bantuan memantik perdebatan sengit antara pemerintah pusat dan daerah

Dalam menanggapi dilema ini Tokoh Masyarakat Minang Dumai yang juga Ketua Harian Persatuan Gonjong Limo Dumai Hendri Donal angkat bicara terkait Keterbukaan informasi publik  dinegeri ini harus diperlihatkan dengan nyata.

Sikap transparan dan menjalankan keterbukaan informasi publik harus kita upayakan dalam mensosialisasikan daftar nama nama masyarakat Dumai yang sudah keluar sebagai penerima bantuan sosial tersebut.

"Daftar warga penerima beberapa jenis bantuan terkait dampak Covid-19 seharusnya  ditempelkan di warung-warung kopi, tempat ibadah,pasar, dan sarana umum lainnya yang ada di sekitar  Kelurahan masing  masing agar bisa di lihat warga," ucapnya menjelaskan.

Yang menerima bantuan, bisa dilihat warga . Daftarnya harus kita tempel di warung, dan tempat yang bisa dilihat oleh publik tambah Doni Sapaan akrab Ketua Harian Gonjong Limo Dumai ini.

Dibukanya daftar warga yang menerima bantuan ini agar semua elemen masyarakat ikut memantau, mengawasi, dan mengawal penyaluran bantuan tambahnya.

“Dengan cara ini juga bisa kami mengetahui siapa masyarakat yang belum dapat bantuan sama sekali. Dan siapa pula yang double menerima bantuan," ucap Doni yang juga Komisaris PT PantauNews Media Utama.

Penulis: Pepen Prengky

TerPopuler