Minimnya Pembinaan Mualaf yang Baru Bersyahadat, Reza Pahlefi: Inilah Motivasi Kita Dirikan MCD -->

News

Minimnya Pembinaan Mualaf yang Baru Bersyahadat, Reza Pahlefi: Inilah Motivasi Kita Dirikan MCD

Senin, 10 April 2023, 2:20 AM

Ketua Pembina Mualaf Center Dumai (MCD) Reza Pahlefi, ST (kanan) dan Ketua MCD Parlen Julianto, S.Sos (kiri)

ONLINERIAU.COM - Berdirinya Mualaf Center Dumai (MCD) dibawah naungan Yayasan Al Mansyur Ar Rahim ini, merupakan langkah  tepat dalam pembinaan para mualaf yang baru bersyahadat.


Reza Pahlefi, ST yang merupakan Ketua Pembina MCD ini menceritakan bahwa berawal dari seorang mualaf yang sudah banyak dikabarkan balik lagi ke agama lama, karena tidak ada pembinaan serta bimbingan.


"Inilah awal yang menjadi motivasi awal berdirinya MCD terkait banyaknya laporan para mualaf balik lagi keagamanya sebelumnya," ucap Reza.


MCD yang terletak di Sekretariat Jalan Siliwangi Gang Tuk Nuar RT 022, tepatnya di Musholla Al Mansyur Ar Rahim, Kelurahan Jayamukti, Kecamatan Dumai Timur, sebut Reza nantinya akan menjadi pusat pembinaan khususnya para mualaf baru.


"Ini merupakan tanggungjawab kita selaku umat muslim dalam melakukan pembinaan para mualaf, apalagi mereka yang baru bersyahadat," sebut Reza, yang juga merupakan Plt Kepala Dinas PUPR Kota Dumai.


Ditambahkan Ketua MCD Parlen Julianto, S.Sos.i mengatakan berdirinya Mualaf Center ini ada beberapa faktor, salah satunya kurangnya perhatian khusus bagi mualaf di Kota Dumai, sehingga mereka tidak tentu arah serta tujuan setelah bersyahadat.


"Banyaknya informasi yang kita dengar, mualaf setelah masuk islam tidak ada pembinaan. Makanya, MCD menjadi wadah bagi para mualaf dalam pembinaan serta bimbingan," terang Ketua MCD.


Kedepannya papar Parlen, para Mualaf ini akan dilakukan pendataan oleh MCD agar nanti dapat dikoordinir lebih baik kedepannya.


"Saat ini ada total lebih kurang 100 orang (mualaf)," kata Ketua MCD, yang pernah menjabat dua kali Lurah di Kota Dumai ini menyampaikan.


Parlen juga menambahkan bahwa yang terpenting adalah tujuan akhirnya yaitu, bagaimana MCD ini menyatukan saudara mualaf se-Kota Dumai.


"Jadi bagi masyarakat yang ingin mualaf silahkan datang ke MCD," tuturnya lagi.


Terakhir, Parlen menyebutkan bahwa antusias para mualaf di Kota Dumai ini lumayan tinggi. Kedepannya MCD ini akan menggelar pembagian zakat untuk para mualaf pada Selasa (18/4/2023) mendatang.


"Sesuai data yang masuk dan apabila ada mualaf yang ingin bergabung, bisa datang langsung ke sekretariat," imbau Parlen.


Terakhir, Parlen berharap kedepannya Baznas, Basma dan lembaga zakat yang ada di Kota Dumai dapat menggandeng MCD dalam bentuk pembinaan dan penyaluran zakat khusus mualaf - mualafah. *** (red)




TerPopuler