BPKAD Dumai Sebut Pagar Digondol Maling, Dugaan 2 Pelaku Pencurian ini Ada yang Memerintah -->

News

BPKAD Dumai Sebut Pagar Digondol Maling, Dugaan 2 Pelaku Pencurian ini Ada yang Memerintah

Jumat, 07 Juli 2023, 12:39 AM

Foto penampakan pagar taman median di Jalan Sudirman sebelum dibongkar (Sumber Foto: Map Geogle setahun yang lalu)

ONLINERIAU.COM - Pasca raibnya pagar besi Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Dumai masih menuai tanda tanya. Kali ini, pagar taman median di Jalan Jendral Sudirman juga ikutan hilang entah kemana.


Saat dikonfirmasi Kepala Badan Penggelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Dumai melalui Kabid Aset Alfiansyah, Rabu kemarin (5/7/2023) menyampaikan bahwa terkait pagar taman di Jalan Sudirman, telah terjadi pencurian dan pelaku sudah ditangkap pihak kepolisian.


" Saat ini pelaku pembongkaran pagar taman Jalan Sudirman sudah diamankan  Polsek Dumai Timur dan pelakunya sebanyak 2 orang. Kejadian ini sekitar 3 bulan yang lalu," kata Kabid Aset BPKAD Dumai Alfiansyah.


Ditambahkan Alfiansyah, terkait pembongkaran pagar taman yang berada ditengah jalan (median) tersebut bukan dilakukan pihak pemerintah, melainkan terjadi pencurian.


Disaat ditanyai terkait pendataan aset daerah di Kota Dumai, Alfiansyah menyebutkan bahwa pagar taman median di Jalan Sudirman ini merupakan hibah PT Pertamina Hulu Rokan (Eks PT Chevron atau PT CPI).


"Untuk pagar taman yang berada di Jalan Sudirman ini merupakan hibah dari PT Chevron. Informasi yang saya dapat, pagar taman tersebut dibangun sekitar tahun 1980-an, jadi terkait pencatatan aset di daerah, tidak ada BAST (Berita Acara Serah Terima, red)," ucap Alfiansyah menjelaskan.


Terakhir, Alfiansyah menambahkan bahwa pagar taman di Jalan Sudirman, BPKAD Dumai bersama PT PHR sedang menindaklanjuti terkait dokumen penyerahan aset.


"Sampai saat ini dokumen belum ketemu dan kami bersama PT PHR sudah turun," tukas Alfiansyah.


Warga Sebut Pelaku Pencurian Pagar Taman Dinilai Cukup Berani


Ditempat terpisah, warga Dumai Aan Saputra mengendus adanya dugaan pihak oknum pemerintah Kota Dumai ikut andil pembongkaran pagar taman median Jalan Sudirman, Kamis (6/7/2023).


"Saya yakin pelaku pembongkaran pagar ini ada dugaan perintah. Semoga kasus ini dapat dan siapa pelaku sebenarnya," harap Aan.


Diketahui, pagar taman di Jalan Sudirman ada dua sisi dari Bundaran Polres Dumai. Diperkirakan ada sekitar kurang lebih 1 kilometer pagar taman yang terpasang disepanjang Jalan Sudirman.


Aan juga menambahkan bahwa pagar taman tersebut berada tak jauh dari Markas Polres Dumai dan bahkan saling berhadapan. Aan menilai bahwa para pelaku pembongkaran pagar taman ini cukup berani.


"Jika pagar ini dicuri, tak mungkin ada yang  berani membongkar dan memerintah. Apalagi lokasi pagar tersebut berada dipusat keramaian dan dekat kantor Polres Dumai," beber Aan seraya mencuragai.


Selanjutnya, Aan juga berharap kejadian dugaan pencurian pagar taman di Jalan Sultan Syarif Kasim juga dapat terungkap. Dikabarkan, pagar taman median tersebut sudah raib pada tahun yang lalu.


"Semoga kasus pencurian pagar yang merupakan aset daerah ini tak semena - mena untuk para oknum mengambilnya. Kita tak ingin, akibat ulah para oknum tak bertanggungjawab ini akan 'mengkambing hitamkan' masyarakat bak ibarat maling teriak maling," pungkasnya. (tim/red)





TerPopuler