Dirikan BUMA dan Persiapkan SDM, LAMR Siap Kelola Blok Rokan -->




Dirikan BUMA dan Persiapkan SDM, LAMR Siap Kelola Blok Rokan

Kamis, 04 Februari 2021, 10:09 PM


ONLINERIAU.COM – Ketua Umum DPH LAMR (Lembaga Adat Melayu Riau) Kabupaten Siak, Datuk Seri H Wan Said, mengungkapkan wajar jika LAMR mengelola Blok Rokan setelah berakhirnnya kontrak Chevron pada tanggal 8 Agustus 2021.


Pertamina yang mengelola Blok Rokan akan menawarkan 39 persen kepada siapa saja yang berminat untuk bermitra dengan Pertamina.


“Kami dari LAMR Siak mendukung sepenuhnya untuk ikut menggelola Blok Rokan,” ujar DS Wan Said, Kamis (4/2/2021).


Adapun alasannya adalah karena selama ini lokasi yang dikelola oleh Chevron berpuluh – puluh tahun merupakan tanah ulayat, tanah milik masyarakat adat.


Sementara masyarakat adat itu khususnya yang berada di Kabupaten Siak masih banyak yang hidup dibawah garis kemiskinan. Masyarakat hanya bisa menyaksikan gemerlapan lampu dan kemewahan hidup para karyawan Chevron.


Disamping itu, menurut DS Wan Said jika LAMR yang mengelola Blok Rokan, LAMR lebih mengetahui kemana uang itu digunakan, bisa lebih fokus untuk memberantas kebodohan dan kemiskinan terhadap masyarakat adat.


“LAMR Siak serta masyarakat adat siap berjuang digarda terdepan untuk merebut Blok Rokan,” lanjut DS Wan Said.


Sampai berita ini diturunkan LAMR sudah jauh jauh hari mempersiapkan diri dengan mendirikan konserium dengan perusahaan yang profesional dan sudah mendirikan Badan Usaha Milik Adat (BUMA).


Selanjutnya, serta merpersiapkan sumber daya manusia serta permodalan yang diperlukan. Bahkan LAMR sudah melakukan pertemuan dengan Presiden RI, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Kementerian Investasi, PT Pertamina dan perusahaan sebagai partner LAMR.


“Semoga Blok Rokan jatuh kepangkuan LAMR,” pungkasnya. 


Penulis: Edriwan

TerPopuler