Optimalisasi dalam Fasilitas Kesehatan, dr Syaiful: Ada 2 Petugas Dinkes Ditempatkan di IGD -->

News

Optimalisasi dalam Fasilitas Kesehatan, dr Syaiful: Ada 2 Petugas Dinkes Ditempatkan di IGD

Minggu, 10 September 2023, 11:54 PM



ONLINERIAU.COM - Wujud komitmen terkait jaminan kesehatan, Pemerintah Kota Dumai memberikan akses pelayanan gratis. Melalui Dinas Kesehatan, pemerintah daerah telah memfasilitasi jaminan kesehatan untuk masyarakat sebesar 98 persen.


Dalam pemaparannya, Walikota Dumai H Paisal SKM MARS, menjelaskan bahwa sebesar Rp38 Miliar pada tahun 2022 lalu, pemerintah daerah telah menganggarkan jaminan kesehatan untuk masyarakat yakni 95,7 persen.


Hal senada juga disampaikan Walikota Dumai bahwa terjadi peningkatan pada tahun APBD murni 2023 dan sekitar 30 Miliar ini digunakan dalam pembiayaan jaminan kesehatan masyarakat yakni sebesar 98 persen.


"Alhamdulillah, saat ini masyarakat dapat menggunakan layanan kesehatan selama 24 jam. Kita memfasilitasi layanan kesehatan dan medis ini kepada masyarakat tanpa khawatir pembiayaan karena ada fasilitas BPJS dari pemerintah," kata Walikota Dumai salam sambutannya, Minggu (10/9/2023).


Selanjutnya, disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai dr H Syaiful MKM, melalui program Universal Health Coverage (UHC) tahun 2023, pemerintah daerah telah memfasilitasi jaminan kesehatan masyarakat hampir 100 persen.


"Ada sekitar 95 persen warga sudah memiliki jaminan kesehatan BPJS. Selanjutnya, bagi yang belum mendapatkan jaminan kesehatan, kita akan memfasilitasi dengan menempatkan dua orang petugas Dinkes di IGD,' ujar Kadinkes Dumai.


Ditambahkan dr Syaiful, bahwa program UHC merupakan sistem jaminan kesehatan yang memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau bagi setiap masyarakat.


"Penempatan dua petugas setiap hari di IGD, bagi masyarakat yang belum mendapatkan jaminan kesehatan dapat  mendatangi sendiri. Pada IGD tersebut, petugas akan melayani 1 X 24 jam pendaftaran BPJS kepada masyarakat untuk mendapatkan layanan gratis," imbuhnya seraya menjelaskan.


Bagi masyarakat yang datang menggunakan KK dan KTP, dr Syaiful juga memastikan akan mendapatkan pelayanan yang sama. Selanjutnya, bagi warga Dumai yang berada diluar kota, juga dapat menggunakan layanan jaminan kesehatan dengan cara menghubungi JKN Centre.


Dipaparkan dr Syaiful, bahwa hampir 100 persen melalui program UHC, Pemerintah Dumai telah berhasil meraih penghargaan dari Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, di Jakarta, pada tanggal 14 Maret 2023 lalu.


Wapres RI juga memberikan apresiasi atas pencapaian program UHC oleh Pemerintah Kota Dumai wujud komitmen dalam melaksanakan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

 
Dijelaskan mantan Direktur RSUD Dumai ini bahwa terhitung sejak 1 Maret 2023, ada sebanyak 323.892 jiwa penduduk di Kota Dumai ini telah terdaftar sebagai peserta Program JKN. Artinya dari total jumlah penduduk 331.445 jiwa, ada sekitar 97,72% sudah terdaftar.

"Kita berharap dengan program UHC ini, seluruh masyarakat di Kota Dumai dapat mengakses dan menerima layanan fasilitas kesehatan secara maksimal," tukasnya. (*)


Editor: Elfyan





TerPopuler