Jelang HUT RI ke-78, Pemko Dumai Gelar Pembukaan Diklat Calon Paskibraka Tahun 2023 -->

News

Jelang HUT RI ke-78, Pemko Dumai Gelar Pembukaan Diklat Calon Paskibraka Tahun 2023

Kamis, 03 Agustus 2023, 2:48 PM



ONLINERIAU.COM - Jelang pelaksanaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-78, bertepatan pada 17 Agustus 2023, nantinya akan dilaksanakan kegiatan Upacara Bendera Detik Detik Proklamasi di Kota Dumai. Kegiatan ini akan dilaksanakan Pembukaan Diklat Paskibraka Kota Dumai Tahun 2023 pada Rabu (2/8/2023) di Lapangan Kantor Walikota.


Yang mana dalam setiap pelaksanaan pengibaran bendera pusaka Detik - detik Proklamasi ini akan dilakukan proses penyeleksian dari setiap perwakilan sekolah yang ada di Kota Dumai. Dari sekitar 360 Siswa/i dari berbagai SMA/SMK/MA se-Kota Dumai yang mengikuti seleksi, terpilih 35 yang terbaik untuk tingkat kota dan ditambah 4 Siswa/i perwakilan Kota Dumai untuk tingkat Provinsi Riau.


Kegiatan Diklat tersebut dibuka langsung oleh Walikota Dumai H.Paisal, SKM, MARS yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Hermanto, S Sos, MSi dalam arahannya ia berpesan agar para calon Paskibraka dapat mengikuti kegiatan Diklat ini dengan kesungguhan, Kamis (3/8/2023).


"Selalu disiplin, jaga kekompakan dan kesehatan. Ikuti arahan dari pelatih dan instruktur dan senantiasa jaga kesehatan agar apa yg menjadi tugas Paskibraka dalam menaikkan dan menurunkan bendera dapat berjalan dengan baik," kata Staf Ahli Pemko Dumai.


Diawal kesempatan pembukaan Diklat ini, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Diskopar) melalui Wan Taufik Hidayat, SE, SH, ME, MH, Kabid Kepemudaan, menyampaikan bahwa tugas calon Paskibraka bukan hanya sebatas mengibarkan bendera pusaka. Akan tetapi calon anggota paskibraka ini akan dilatih menjadi kader pemimpin bangsa yang berkarakter pancasila dan juga akan dilantik menjadi Duta Pancasila pada 1 Juni 2024.


"Tugas calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Capaska), bukan hanya mengibarkan bendera pada saat detik-detik proklamasi saja, akan tetapi dilatih menjadi calon pemimpin yang berkarakter Pancasila dan akan dilantik pada 1 Juni 2024 mendatang," tukas Wan Taufik Hidayat. (*)


Penulis: Ihwan Nazli Lubis





TerPopuler