Tak Dilaporkan ke Pihak Berwajib, Raibnya Pagar Kantor Dinas PUPR Dumai Dugaan Ada Oknum 'Bermain' -->

News

Tak Dilaporkan ke Pihak Berwajib, Raibnya Pagar Kantor Dinas PUPR Dumai Dugaan Ada Oknum 'Bermain'

Rabu, 28 Juni 2023, 5:39 PM

Foto pagar kantor Dinas PUPR Dumai sebelum raib digondol orang tak bertanggungjawab (Foto: Net)


ONLINERIAU.COM - Raibnya pagar besi Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kita Dumai menuai tanda tanya. Pasalnya, kantor OPD Dumai yang berada di persimpang tiga Jalan Subrantas dan Jalan Sudirman ini mendadak pagarnya raib entah kemana.


Diketahui, Kantor Dinas PUPR Dumai yang sebelumnya berada di Jalan Subrantas ini sudah pindah beberapa minggu yang lalu. Kantor Dinas PUPR Dumai ini dikabarkan akan dirobohkan untuk perluasan Masjid Agung Habiburrahman Dumai Islamic Center (DIC). 


Saat dikonfirmasi eks Plt Kepala Dinas PUPR Dumai Reza Pahlezi sebelumnya, mengatakan bahwa untuk sementara kantor dipindahkan. Diketahui saat ini, Rabu (28/6/2023), kondisi Kantor Dinas PUPR di Jalan Subrantas sudah dalam keadaan kosong.


Tampak dengan jelas, pagar eks Kantor Dinas PUPR Dumai banyak yang hilang. Dari 48 set pagar, ada 36 set pagar yang sudah dicopot dan dikabarkan digondol orang yang tak dikenal.


Salah satu masyarakat Mufaidnuddin yang menyaksikan pemotongan pagar Kantor Dinas PUPR Dumai, Jumat malam (23/6/2023) lalu, sempat mempertanyakan kepada beberapa orang pekerja saat itu. 


Disampaikan pekerja yang memotong pagar tersebut, mengatakan bahwa ini diperintahkan salah satu pegawai Dinas PUPR Dumai dengan inisial F dan seraya memberikan kontak person bersangkutan.


"Awalnya saya sempat curiga, tapi karena disebutkan nama yang memerintahkan dan memberikan kontak personnya, baru saya percaya. Tak mungkin pula, ada orang yang berani terang terangan mencuri ditengah keramaian," ucap Mufaidnuddin menceritakan kejadian saat itu.


Uniknya, saat dikonfirmasi pegawai Dinas PUPR Dumai inisial F, awak media mendapat keterangan yang berbeda. Inisial F yang diketahui bernama Firmanto ini menuding bahwa namanya telah dijual oleh orang yang tak dikenal.


"Itulah yang saya pusingkan, menjual nama dan nomor handphone saya. Sejak 2008, saya jadi pengelola aset baru ini kena hal begini," jawab Firmanto yang diketahui Staf bagian aset dan umum di Sekretariat Dinas PUPR Dumai, Selasa (27/6/2023) kemarin.


Terkait raibnya pagar Kantor Dinas PUPR Dumai ini, Firmanto akui belum membuat laporan kepada pihak yang berwajib. Parahnya lagi, Firmanto meminta bukti dokumentasi oknum yang melakukan pembongkaran pagar tersebut.


"Benar, kami belum membuat laporan terkait hal ini kepada pihak kepolisian, karena kami tak mengetahui siapa pelakunya," ucap Firmanto. 


Firmanto membeberkan bahwa kondisi pagar tersebut sudah lama rusak dan apabila digoyang mudah lepas. Namun berbeda fakta dilapangan yang disebutkan Firmanto, tampak kondisi pagar tersebut masih dalam keadaan kokoh. 


Eks Kantor Dinas PUPR Dumai yang berada di Jalan Subrantas ini sudah hampir 2 minggu dikosongkan. Untuk sementara, kantor administrasi Dinas PUPR Dumai dipecah beberapa tempat sebelum kantor defenitif selesai pembangunan.  Diketahui, Kantor Dinas PUPR Dumai yang baru ini sedang dalam pembangunan, di lokasi Komplek Perkantoran Walikota Dumai di Jalan Perwira Bagan Besar.


Selanjutnya, Mufaidnuddin meminta agar pihak Dinas PUPR Dumai membuat laporan kepada Kepolisian Resort Dumai, jika benar pagar tersebut dicuri orang yang tak dikenal. 


"Walaupun bangunan tersebut akan dirobohkan, tapi pihak dinas wajib melaporkan aset daerah yang masih dapat dihitung. Pagar itu bukan termasuk limbah yang tak berharga," ungkap Mufaidnuddin yang juga merupakan pemerhati sosial masyarakat di Kota Dumai ini menegaskan.


Mufaidnuddin juga beranggapan dengan tidak dilaporkan kepada pihak berwajib oleh pihak Dinas PUPR Dumai, dugaan ada kesengajaan menghilangkan aset daerah. 


"Raibnya pagar tersebut sudah menjadi alat bukti untuk laporan kepada pihak berwajib, kok minta foto dan dokumentasi siapa yang membongkar. Apalagi kejadian ditengah masyarakat, kok pihak PUPR Dumai tak satupun yang mengetahuinya. Aneh bin Ajaib," sinis Mufaidnuddin. (*)




TerPopuler