Lamban Penangganan Pasang Keling, Rizal Nurdin: APBD Pariaman Lebih Kecil Dibanding Kota Dumai -->

Lamban Penangganan Pasang Keling, Rizal Nurdin: APBD Pariaman Lebih Kecil Dibanding Kota Dumai

Minggu, 18 Oktober 2020, 7:30 PM

 


DUMAI – Fenomena banjir rob atau pasang keling yang sering terjadi di Kota Dumai yang berdekatan dengan laut bukan menjadi hal yang baru lagi. Fenomena banjir ini biasanya air laut mengalami pasang hingga menggenangi daratan. Air laut yang mengalami pasang dan meluap samapai ke daratan biasanya warna air akan lebih cenderung jernih dibanding banjir-banjir biasanya yang lebih keruh.


Uniknya, pasang keling yang biasanya melimpah ke jalan- jalan raya, biasanya disertai curah hujan yang cukup tinggi. Namun, banjir rob kali ini, kondisinya tidak seperti biasanya. Luapannya datang berulang kali, dan intensitasnyapun juga cukup banyak.


Anggota DPRD Kota Dumai H. Syafrizal Nurdin, SE ikut menanggapi curhatan Walikota Dumai H Zulkifli AS di media sosial, Minggu (18/10/2020).


“Mencermati tulisan Walikota Dumai pada Alinia ke V, ini berbanding terbalik dgn Pemerintah Kota Pariaman. Kebetulan kami baru saja pulang dari Kota Pariaman, ketika kami bertemu langsung dengan Walikota Pariaman,” ungkap Rizal yang baru baru ini berkunjung di Kota di Provinsi Sumatera Barat.


Anggota Fraksi DPRD PAN Kota Dumai ini juga mengkritisi curhatan bahwa sampai saat ini apa yang kita perjuangkan belum mendapat skala prioritas. Rizal menjelaskan, bahwa APBD Kota Pariaman hanya 700 M lebih, namun Walikota Pariaman mampu membangun kotanya.


“Bayangkan dengan APBD yang lebih kecil dari Kota Dumai, Walikota Pariaman Genius Umar mampu membangun kotanya. Walaupun ini tidak terlepas dari bantuan dana APBN,” ucap Rizal.


Ia juga mendecak kagum dengan kemampuan Walikota Pariaman dengan melobi pusat untuk mendatangakan anggaran dari pusat.


“Itu bukan cerita kosong, terbukti Kota Pariaman kami lihat seperti mimpi setelah dipimpin Bapak Genius Umar. Kebetulan kedatangan kami ke Kota Pariaman langsung disambut kami beliau dan itulah kelebihan SDM disana jika dibandingkan dengan kita di Riau ini,” tukas Anggota DPRD Dapil II Kota Dumai.


Terkait uraian banjir rob yang dilontarkan Walikota Dumai, Rizal sangat menyayangkan diakhir masa jabatannya diterpa berbagai musibah bencana. Ini tentunya, merugikan masyarakat Kota Dumai dengan bencana yang tak kunjung reda.


“Kita tahu banjir rob ini persoalan menahun, seharusnya Pemko Dumai memprioritaskan penangulangan dan tentunya dengan memaksimalkan OPD terkait,” pungkasnya.


Penulis: Edriwan

TerPopuler