Anggaran Pilkada 2024 Dumai Naik Diangka Rp. 44 Milyar, Darwis : Disesuaikan Dengan Standar Kebutuhan -->

News

Anggaran Pilkada 2024 Dumai Naik Diangka Rp. 44 Milyar, Darwis : Disesuaikan Dengan Standar Kebutuhan

Senin, 18 Maret 2024, 8:14 PM



PORTALREDAKDI.COM - Pemerintah Kota (Pemko) Dumai bersama KPU, dan BAWASLU, telah menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) sebagai langkah awal menuju penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024, pada Jumat (10/11/2023) lalu, di Balai Pertemuan Wan Dahlan Ibrahim.


Hasil rangkuman media Portalredaksi.com, kenaikan anggaran Pilkada 2024 yang di sepakati Pemko Dumai Bersama KPU, dan BAWASLU, membengkak dibandingkan dengan anggaran Pilkada 2020 lalu.


Dari berbagai informasi yang terangkum, diketahui anggaran Pilkada periode 2020 sebelumnya, disepakati sebanyak 18 Milyar untuk KPU, dan 8,72 Milyar untuk BAWASLU dengan total anggaran tembus di angka sekitar 26 Milyar lebih.


Sementara pada Pilkada 2024 yang akan datang, anggaran yang di sepakati Pemko Dumai bersama dengan KPU, dan BAWASLU, terbagi 33 Milyar untuk KPU, dan 11 Milyar untuk BAWASLU,  dengan total anggaran Menembus angka sekitar 44 Milyar Rupiah lebih.


Hasil pengamatan media Portalredaksi.com ada kenaikan anggaran sebesar kurang lebih 18 Milyar lebih dalam pelaksanaan Pilkada pada 27, November, 2024 yang akan datang.


Saat di Konfirmasi Kepala Badan Kesbangpol Kota Dumai, Eko Wardoyo, S.Sos, M.Si., membenarkan anggaran yang di sepakati Pemko Dumai bersama KPU dan BAWASLU, dan sudah menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Dumai pada Jumat (10/11/2023) lalu, di Balai Pertemuan Wan Dahlan Ibrahim. melalui pesan singkat Whatsapp dengan mengirimkan 'Emoticon tanda Jempol' menjawab Konfirmasi yang dilontarkan media ini pada Senin, (18/3/2024).


Sementara menurut ketua KPU Dumai, Darwis mengatakan memang terjadi kenaikan sesuai dengan standar kebutuhan, namun Darwis tidak menjelaskan secara rinci apa yang menjadi faktor atas kenaikan anggaran Pilkada tersebut.


"Disesuaikan dengan standar kebutuhan, Ya sekarang semua kebutuhan sudah naik, banyak itemnya saya lupa" ungkap Darwis melalui balasan pesan singkat Whatsapp, Senin (18/3/2024).


Senada dengan ketua BAWASLU, Agustri membenarkan dan mengkonfirmasi anggaran yang pihaknya akan terima pada Pilkada 2024 sebesar 11,178 Milyar Rupiah, saat ditanyai terkait naiknya anggaran Pilkada pada sebelumnya, Agustri memberi sinyal untuk diarahkan pertanyaan tersebut kepada Ketua BAWASLU Periode lalu yaitu Idris. karna menurut Agustri anggaran ini sudah di susun pada Periode sebelumnya. 


"Hibah Pilkada Bawaslu Dumai Rp 11.178.332.000, Tanya ke Idris bang, Anggaran ini sudah disusun diperiode sebelumnya. Yang paling jelas itu pak Idris, saya takut salah" tegas Agustri kepada Portalredaksi.com .



Editor : Ihwan Lubis




TerPopuler