Turunkan Alat Berat Tangani Jalan Datuk Laksamana, PT Pelindo Komandoi 11 Perusahaan Peduli Lingkungan -->




Turunkan Alat Berat Tangani Jalan Datuk Laksamana, PT Pelindo Komandoi 11 Perusahaan Peduli Lingkungan

Sabtu, 15 Januari 2022, 11:38 AM


ONLINERIAU.COM - Sebanyak 11 perusahaan yang tergabung dalam Forum Sosial Masyarakat Area Pelindo (FSMAP) meluncurkan program prioritas. 


Terhitung mulai tanggal 11 s/d 12 Januari 2022, 11 perusahaan yang tergabung dalam FSMAP sepakat melakukan perbaikan atau penimbunan Jalan Datuk Laksamana. Hal ini dilakukan dengan dua tahap, pertama pembersihan rerumputan atau gundukan tanah serta pembersihan air yang tergenang di jalan tersebut.


Tahap kedua atau terakhir, kegiatan penimbunan jalan yang berlobang dengan menggunakan alat berat loader dan dibantu oleh beberapa warga setempat.


Manajer umum PT Pelindo 1 Regional Cabang Dumai yang juga Ketua FSMAP menyempatkan diri untuk menjumpai Lurah Dumai Kota Efrial.


"Kedatangan kami dari Forum Sosial Masyarakat Area Pelindo untuk memberitahukan terkait adanya kegiatan gotong royong yang dilaksanakan selama dua hari berturut-turut di Jalan Datuk Laksmana," kata Nirwan yang saat itu didampingi oleh Asmen Humas dan Asmen Umum.


Lurah Dumai Kota Efrizal yang baru menjabat sejak menggantikan Risman, tak menyangka dengan kunjungan dadakan dari PT Pelindo Dumai.


"Saya sangat mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan atas kepedulian Pelindo Dumai untuk memperbaiki jalan yang sudah lama tak berfungsi tersebut," ujar Efrial.


Ditambahkan Nirwan, inisiasi ini hasil dari pantauan rekan-rekan perusahan dan beberapa masukan dari warga untuk melaksanakan program prioritas. Hal ini karena melihat kondisi jalan yang berada di depan area kerja Pelindo.


Sebagaimana info yang diterima dari Pemko Dumai melalui Dinas PUPR bahwa Jalan Datuk Laksamana itu merupakan jalan yang berkedudukan dan kewenangnya ditingkat Provinsi. Dalam hal perawatan dan perbaikan serta telah mengagenda pada tahun 2022 ini akan dilaksanakan kegiatan perbaikan jalan tersebut.


"Walaupun akan ada perbaikan atau pembetonan jalan, tidak menjadi halangan bagi kami FSMAP untuk mengawalinya sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan sekitar," ucap Nirwan lagi.


11 perusahaan yang tergabung FSMAP diantaranya yakni PT Pelindo, PT Nagamas Palm Oil Lestari, PT Sarana Tempa Perkasa, PT Dumai Paricipta Abadi, PT Dumai Bulking, PT KPBN (Ex PT SAN), PT Kuala Lumpur Kepong (KLK), PT Kreasijaya Adhikarya, PT Ekadura Indonesia, PT Solusi Bangun Indonesia dan PT Sentra Emulsindo Riau. 


Lanjutnya, guna untuk mengakomodir masukan dari masyarakat sekitar, FSMAP akan berupaya untuk melaksanakan beberapa program unggulan lainya yang akan diluncurkan lagi. Namun sebut Nirwan, tentunya akan dilaksanakan secara bertahap.


Ditempat terpisah, General Manager PT Pelindo (Persero) Regional 1 Cabang Dumai Jonatan Ginting sangat mengapresiasi kepada perusahaan yang sudah berkordinasi dan serta berkontribusi untuk kemaslahatan lingkungan disekitaran area pelabuhan.


"Semoga berkesinambungan sehingga terciptanya harmonisasi antara masyarakat lingkungan area Pelabuhan dengan perusahaan di Area PT.Pelindo Dumai," tukas Jonatan Ginting.


TerPopuler