Lantik Pejabat Eselon II dan III, Dua OPD dan Posisi Staf Ahli Walikota Masih Kosong -->




Lantik Pejabat Eselon II dan III, Dua OPD dan Posisi Staf Ahli Walikota Masih Kosong

Rabu, 22 Desember 2021, 9:52 PM


ONLINERIAU.COM – Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pejabat pimpinan tinggi pratama dan administrasi di lingkungan Pemerintah Kota Dumai, Rabu (20/12/2021), bertempat di Balai Sri Bunga Tanjung ini dilantik dan diambil sumpahnya langsung oleh Wali Kota H Paisal, SKM, MARS.


Sebanyak 49 orang pejabat yang diambil sumpahnya terdiri dari 20 eselon IIB dan 29 eselon IIIA. Pasca dilakukannya assessment pejabat eselon II pada bulan lalu, Wali Kota Dumai dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa pelantikan pejabat dilingkup organisasi pemerintahan merupakan hal yang biasa dan lazim terjadi.


“Selamat kepada ASN yang telah dilantik dan diambil sumpah jabatan. Kami yakin bahwa saudara-saudawa adalah personil yang tepat dibidangnya, sesuai dengan situasi dan kondisi saat ini dan kedepan,” ucap Wali Kota Dumai yang saat ini belum memiliki Wakilnya saat ditinggal Almarhum Amris.


Adapun kekosongan jabatan dilingkungan Pemko Dumai yang telah digelar assessment sebanyak 18 OPD ini, tampaknya Wali Kota Paisal yang didampingi Sekdako H Indara Gunawan, ingin mempersiapkan kabinetnya sebelum dilakukan pemilihan Wakil Wali Kota, dikabarnya akan digelar pada awal tahun 2022.


Santer menjadi pembicaraan hangat ketika lulusnya 29 ASN yang mengikuti lelang jabatan tersebut dan sempat dikabarkan terancam gagal salah satu OPD dalam lelang jabatan tersebut. Seperti yang pernah diucapkan Wali Kota Dumai sebelumnya, bahwa tidak ada pejabat titipan dan berharap siapapun nanti yang diamanahkan nanti mampu bersaing serta mewujudkan visi dan misi Kota Idaman.


Pejabat eselon IIB dilingkungan Pemko Dumai yang dilantik dan defenitif, sebelumnya menjabat Pelaksana Tugas (Plt) yakni:

1. Yusmanidar: Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

2. dr Syaiful: Kepala Dinas Kesehatan,

3. Nurzerwan: Kepala Dinas Ketahann Pangan dan Pertanian,

4. Fauzi Efrizal: Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman

5. Yuda Pratama Putra: Kepala Satuan Polisi Pamong Praja

6. Elywarti: Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan keluarga Berencana

7. Budhi Hasnul: Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

8. Mukhlis Suzantri: Kepala Dinas Perikanan

9. Drg. Ridhonaldi: Direktur RSUD

10. Fahmi Rizal: Kepala Badan Pendapatan Daerah


Sebanyak 10 pejabat ini, sebelumnya menjabat sebagai Plt masing masing OPD. Sepuluh ASN ini memang diprediksi akan mengisi kekosongan jabatan yang telah dipersiapkan sebelumnya.


Selanjutnya, sebanyak 8 ASN ini juga dilantik dan dipercaya Wali Kota Dumai untuk mengisi kekosongan jabatan eselon IIB pasca digelar assessment sebagai berikut:

1. Riki Dwi Woro: Kepala Inspektur Daerah

2. Maini Asna: Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak

3. Zulkarnain: Kepala Dinas Perhubungan

4. Eko Wardoyo: Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik

5. Hermanto: Kepala Dinas Perdagangan

6. Hendra: Kepala Dinas Penamaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu

7. drg. Hermiyati: Kepala Dinas Sosial

8. Syawir Kasim: Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan


Terakhir, Syahrinaldi yang sebelumnya menjabat sebagai Asisten Perekonomian dan Pembangunan pada Sekretariat Daerah, dilantik kembali dengan jabatan yang sama pasca digelar evaluasi kinerja (job Fit). Fridarson yang menjabat sebelumnya sebagai Sekretaris DPRD Dumai, dicopot jabatannya dan dilantik sebagai Staf Ahli Wali Kota Bidang Hukum dan Politik. Hadiyono ditunjuk sebagai pengganti sementara Fridarson, dengan jabatan defenitif Kepala Bagian Umum dan Keuangan DPRD Dumai.


Usailah sudah, susunan kabinet Paisal – (Alm) Amris dan tinggal mengisi 3 kekosongan jabatan eselon II dilingkungan Pemko Dumai yakni Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata yang saat ini masih dijabat Plt serta Staf Ahli Wali Kota.


Dikabarkan Syamsuddin, mantan Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata yang pernah dicopot jabatannya ini akan menduduki kursi Staf Ahli Wali Kota. Diketahui, saat ini posisi Staf Ahli Wali Kota baru diisi sebanyak dua orang ASN. (rgb/red)

TerPopuler