Tak Lagi Nyaman, Paruntungan Pane Siap Tinggalkan Partai NasDem -->




Tak Lagi Nyaman, Paruntungan Pane Siap Tinggalkan Partai NasDem

Senin, 06 Desember 2021, 2:24 AM



ONLINERIAU.COM – Gonjang ganjing dengan sejak perubahan struktur Dewan Pengurus Daerah Partai Nasional Demokrat (DPD Partai NasDem) Kota Dumai pada pertengahan tahun 2020 silam, santer menghangatnya ketika diketahui Wali Kota H Paisal SKM MARS akan pimpin partai besutan Surya Paloh tersebut.


Sosok Drs Paruntungan Pane MM yang merupakan kader militan Partai NasDem ini, juga santer terdengar tidak nyaman lagi pasca diketahui dirinya tidak masuk dalam struktur. Sejak Pilkada Dumai 2020 lalu, Partai NasDem merupakan parpol yang cukup sexy dalam persaingan perebutan dukungan kursi DPRD dan hingga banyak kader –kader yang terdepak.


Paruntungan Pane yang merupakan tokoh masyarakat suku Batak di Kota Dumai, diakui memiliki elektabiltas dan ini menjadi perbincangan hangat ketika Almarhum Anggota Fraksi Golkar DPRD Dumai SW Simangkalit, pergi menghadap Sang Pencipta.


Politisi militan kader NasDem ini, dikabarkan akan hengkang dari parpol yang pernah mengantarkannya di kursi DPRD Dumai 2014 -2019. Informasi terangkum, 3 parpol yakni Golkar, PDIP dan Gerindra, dikabarkan akan menjadi tujuannya untuk berlabuh dan menghantarnya kembali sebagai wakil rakyat.


Dari 3 parpol besar ini, juga dikabarkan ada salah satu petinggi Partai Golkar Dumai ingin mengajaknya untuk bergabung. Disebutkannya, kader parpol berlambang pohon beringin ini tidak ingin namanya dipublikasi, sangat berharap Paruntungan Pane bergabung dengan Partai Golkar.


Ketika dikonfirmasi Ketua DPD Golkar Kota Dumai Ferdiansyah melalui Sekretarisnya Yusrizal, mengungkapkan bahwa partainya sangat terbuka bagi yang ingin bergabung. Terkait dengan informasi Paruntungan Pane akan bergabung, dirinya sangat menyambut dan membuka pintu selebar-lebarnya, Minggu (5/12/2021).


“Intinya, partai kami terbuka bagi siapa saja. Jika Saudara Paruntungan Pane ingin bergabung, kami sangat senang dan ini merupakan tambahan kekuatan baru,” kata Yusrizal yang juga merupakan seorang Akademisi di Kota Dumai.


Kiprah di dunia politik, sosok Paruntungan Pane sudah tidak diragukan lagi. Pasca meninggal dunia SW Simungkalit, tampaknya Partai Golkar Dumai kehilangan sosok kader khususnya yang memiliki kepercayaan serta elektabiltas di suku Batak khususnya.


Ricard Sirait yang merupakan kerabat dekat Paruntungan Pane, ketika bincang bincang disalah satu kedai kopi, menyampaikan bahwa rencana itu bisa saja terjadi. Dalam dunia politik, hal itu biasa saja terjadi dan bahkan bukan yang mustahil jika Paruntungan Pane akan berlabuh dengan parpol lain.


“Kita lihat saja nanti arah politik menjelang tahun 2024 ini. Apakah Partai NasDem Dumai ini masih menjadi partai yang nasionalis,” ungkap Ricard Sirait.


Diketahui, Paruntungan Pane ini adalah kader militan sejak masih menjadi Ormas NasDem pada tahun 2010 silam. Sejak berubah menjadi Partai NasDem pada 2011 lalu, sampai detik ini Paruntungan pane masih terdaftar sebagai kader. Berbagai dugaan dirinya akan didepak dan bahkan tidak diberi ruang, sejak dikabarkan pucuk pimpinan berpindah dari tangan Yusman ke Wali Kota Dumai Paisal.


Paruntungan Pane yang dikabarkan akan maju untuk perhelatan politik ditingkat Provinsi Riau ini, informasi terangkum sudah melakukan lobi-lobi politik dengan sejumlah parpol lain. Jika isu kepindahannya ini benar, niscaya NasDem Dumai akan kehilangan perolehan suara pada Pemilu 2024 mendatang.


Sosok Ketua Bappilu NasDem Dumai yang menjabat sejak tahun 2016 hingga 2020 ini, dikenal cukup loyal dengan para simpatisannya.

Politisi dan juga pengusaha sukses di Kota Dumai ini, juga dikabarkan dicekal oleh internal parpolnya untuk maju ditingkat provinsi.


Hal ini diketahui, sejak dua kali Partai NasDem terdaftar sebagai peserta Pemilu pada tahun 2014 dan 2019, tidak satupun kader dari Kota Dumai masuk dalam bursa Calon Legislatif (Caleg).


Untuk memperoleh informasi yang akurat, awak redaksi mencoba menghubungi Paruntungan Pane. Namun hingga berita ini diterbitkan, politisi yang pernah mencalonkan diri sebagai Calon Walikota Dumai 2020, belum dapat dimintai tanggapannya.


Informasi terangkum, Paruntungan Pane dikabarkan juga belakangan ini tidak pernah tampak mengikuti dan bahkan dilibatkan dalam berbagai kegiatan Partai NasDem Dumai.  (rgb)


Editor: Elfyan



TerPopuler