Untungnya Membeli Mobil Bekas -->

News

Untungnya Membeli Mobil Bekas

Minggu, 18 November 2018, 8:06 PM
Dumai(PantauNews)- Tingginya permintaan mobil bekas di Dumai merupakan peluang besar dalam berbisnis mobil. hal ini di sebutkan seorang pemasok mobil bekas yang cukup di kenal masyarakat Sumbar-Riau khususnya Dumai .Eri sudah malang melintang di dunia otomotif ini sekitar 15Th yang lalu.pahit getir dalam berbisnis mobil bekas sudah dilaluinya.bapak dua anak ini memberikan sedikit pengalamannya saat di wawancari di Boffet Gonjong Limo jl.syarif Kasim Dumai pada tanggal 18/11/2018.

Dalam penuturanyanya untuk memilih mobil bekas yang bagus dan berkualitas adalah dengan memperhatikan tempat pembelian mobil tersebut. Memang kini ada banyak tempat yang membuka penjualan mobil bekas dengan segala penawarannya. Namun untuk mendapatkan dan membeli mobil bekas yang baik  pembeli juga bisa langsung dari orang yang memang sedang ingin menjualnya secara langsung atau lewat perantara yang sudah memiliiki reputasi yang baik dan track record yang sudah diakui oleh banyak pembeli .

"rata rata pemilik showroom mobil bekas di Dumai masih mempercayai Uda dalam menyuplai mobil untuk di jual di tempat mereka," ucapnya memberi penjelasan

Membeli ke showroom menurut Eri  memang akan mendapatkan banyak pilihan, namun membeli lewat showroom pastinya membuat biaya pembelian lebih besar dibanding jika Anda membelinya langsung dari orang pertama.

Bagian mobil yang biasanya harus di perhatikan adalah eksterior mobil. Lakukan saja pengecekan pada bagian yang paling pertama terlihat ini. Pada bagian eksterior mobil ini beberapa bagian mobil yang harus dicek adalah  bagian bodinya.

Perhatikan juga apakah ada goresan atau rusak pada bodi mobil ini, bagaimana kondisi cat-nya, apakah masih mulus atau sudah kasar. Perhatikan pula bagian kaca, apakah ada bagian yang retak atau pecah. Perhatikan pula bagian lampu, apakah ada yang pecah dan bisa menyala dengan baik, atau malah cahaya lampu tersebut  sudah tidak terang lagi atau bahkan malah sudah tidak menyala lagi Lihat juga keadaan keempat bannya, apakah masih oke atau sudah aus. Coba juga masuk ke kolong untuk melihat apakah ada yang karatan dan keropos tutur suami dari kepala cabang sebuah Bank swasta ini.


Bunyi mesin saat di hidupkan harus kita cermati. Mesin yang terdengar baik adalah mesin yang terdengar halus dan tidak kasar. Mobil yang masih bagus juga memiliki ciri mudah di-starter. Setelah menyalakan mesin cobalah untuk melakukan tes drive,ucapnya

Seterusnya cobalah untuk mengoper gigi, pastikan bahwa oper gigi ini berjalan dengan lancar. Rasakan benar kondisi mobil saat berjalan. Bila terasa berat, cenderung berbelok kearah kiri atau kanan,  Dalam tes drive ini cobalah untuk melewati jalan yg kurang rata untuk mengetes baik tidaknya kondisi kaki-kaki mobil. Untuk keseluruhan proses tes drive ini sebaiknya Anda melakukannya bersama si penjual agar si penjual juga mengetahui kondisi mobilnya,ucap Eri.

Beberapa komponen aksesoris dan interior mobil yang perlu Anda cermati antara lain bagian dashboard, setel AC, karpet, serta perhatikan kualitas jok dan langit-langitnya.

Pastikan untuk coba menduduki jok, tarik ke belakang, dan cek kualitas pelapisnya. Bagian kaca juga tak boleh luput dari perhatian dengan mencoba menaik-turunkan kaca mobil. Cek pula tombol wiper serta kondisi buka-tutup pintu mobil. Terakhir, cobalah juga untuk mengecek lampu sein, hazard, lampu depan, dan lampu rem. Radio atau fasilitas audio lainnya



Surat-surat kendaraan adalah hal krusial yang juga wajib Anda perhatikan saat membeli mobil. Pastikan Anda mendapatkan BPKB dan STNK yang asli. Perhatikan keaslian BPKB dan STNK mobil tersebut, karena saat ini banyak sekali beredar surat-surat berharga palsu agar mobil curian laku dengan harga tinggi,katanya.

"Jangan tergiur oleh mobil bekas yang masih bagus dengan harga sangat rendah jauh dari harga pasar,itu biasanya ada sesuatu pada mobil tersebut,"ucapnya menjelaskan

Wajib memastikan bahwa  mobil yang akan dibeli memiliki BPKB dan STNK yang asli pemiliknya. Dengan adanya BPKB dan STNK yang asli dan lengkap maka Anda akan dimudahkan untuk urusan balik nama dan administrasi lainnya,katanya


Cek fisik  akan bisa memastikan data dan informasi yang tertera di dokumen BPKB dan STNK sesuai dengan yang sebenarnya di mobil. Proses cek fisik ini tentunya bisa Anda lakukan setelah mendapatkan izin dari pemilik atau penjual mobil. Jangan ragu untuk meminta cek fisik pada pemilik. Jika Anda memang sudah yakin akan membeli mobilnya, pemilik biasanya akan bersedia jika mobilnya dilakukan cek fisik,ucapnya dalam waancara itu.

Teliti sebelum membeli menjadi hal yang wajib di lakukan sebelum membeli mobil bekas. Hal ini tentu saja untuk menghindarkan kita dari kerugian yang tidak perlu seperti kerusakan mobil bekas yang sudah dibeli dengan tidak teliti mengecek kondisi mobil tersebut sebelumnya sehingga menambah biaya perawatannya. Dengan menerapkan beberapa tips diatas pembelian mobil bekas pun menjadi lebih menguntungkan bagi Anda untuk  digunakan dalam keperluan sehari-hari atau untuk keperluan bisnis.




TerPopuler